Friday, October 23, 2015

sebuah perjalanan dan semangkuk sup kacang sinerek

iya saya lagi galau tingkat NKRI. wis tak akui saja lah. dari pada mikirin kegalauan yang gak ada jalan keluarnya selain melupakan (iki bahasanae drama bgt to ya *toyor kepala sendiri*) mending bikin postingan makan-makan.
jd critanya minggu lalu out of the blue pengen banget ke jogja. waktu pulang tadinya pengen lewat kaliurang dan mampir ke raminten yang katanya punya menu jawa yg enak plus jamunya. jadi sih lewat kaliurangnya, tapi gak jadi mampir ramintennya :p gara-gara waktu sarapan kekenyangan makan gudeg di mbarek, ini juga krn males liat yu jum rame banget trus kabur ke mbarek. akhirnya memutuskan makan siang di sekitar magelang. masalahnya, saya jarang jajan di magelang, akhirnya sang partner jalan-jalan kali ini punya ide buat ngenalin makanan lain dari magelang selain gethuk :D. maka mampirlah kami ke sebuah warung kecil dekat grabag, magelang. 
warungnya gak terlalu besar dan g terlalu rame, tapi pengunjungnya gak berhenti juga. selama kami makan sudah ada 2-3 rombongan bergantian. yang special dr warung ini adalah sup kacang sinereknya. 
apa itu kacang sinerek?
kacang sinerek kalau dari penampilannya seperti kacang merah tapi sedikit lebih kecil. rasanya manis gurih, seperti kombinasi kacang merah dan kacang tholo. bukan penggemar kacang-kacangan, jadi gak tahu ini enak atau gak. hehehehe. tampilannya si kaya gini
saya ambil gambarnya dari sini
sup kacang sinerek itu sendiri katanya memang khas daerah grabag gt. sup nya agak gelap, mungkin karena kaldunya, rasanya gurih khas sup dengan kaldu sapi. sup ini memang jenis sup daging, tapi rasa kaldunya cukup ringan, bahkan lebih ringan dari sup ayam merk yang terkenal dari klaten itu. dan sayangnya sup model gini yang saya suka. isi sup tidak seperti umumnya. sup sinerek ini menggunakan wortel dan bayam sebagai sayur, irisan empal daging, dan yang pasti kacang sinerek yang sudah direbus sampai empuk. entah kenapa pas makan yang terbayang adalah makanan bayi gizi seimbang yang suka ada di kartu KMS jadul gitu. hehehehe
tapi yang pasti sup ini layak di coba. apa lagi kalau travelling sama si kecil yang sudah bisa makan makanan normal tapi masih butuh gizi yang macem2 itu. komposisi supnya cocok untuk anak-anak sampai orang dewasa. mungkin cuma dagingnya saja yang gak bisa dimakan anak-anak kali ya.
tampilan supnya kaya gini nih

its a worth to try :D

No comments:

Post a Comment